post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Tips Menjaga Kekompakan

Kekompakan dalam sebuah Komunitas atau Grup sangatlah penting untuk menjaga agar Komunitas tersebut tetap terjaga keutuhannya. Begitu juga warga Rt. 003 Rw. 09 Pasar Minggu semakin erat tali persahabatan yang terjalin antar warga satu dengan yang lainnya. ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam sebuah kekompakan. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga sebuah kekompakan warga.
Ketahui kelemahan dan kelebihan antar warga.
Hal ini penting guna menentukan penugasan dan pembagian warga. Idealnya masing-masing warga  saling melengkapi satu dengan yang lain sehingga terbentuk keharmonisan dalam melakukan tugas. Sebagai team leader Anda harus yang lebih mengetahui kelebihan dan kelemahan warga sehingga tugas-tugas diserahkan kepada yang ahlinya. Namun, agar pembagian tugas lebih adil dan merata – tidak menumpuk pada satu orang, usahakan Anda melakukan mix and match sehingga warga yang kurang begitu ahli dibidang tersebut bisa ikut membantu dan belajar dari yang lebih ahli.
Alokasikan waktu berkumpul bersama komunitas atau grup Anda. 
Inti dari sebuah komunitas adalah kebersamaan. Maka, seringlah berkumpul bersama warga, bukan sekedar untuk brainstorming masalah pekerjaan, mendiskusikan rencana serta rencana ke depan atau hal formal lainnya, melainkan hal-hal yang bersifat personal. Komunitas Anda harus tahu dengan siapa mereka bekerja, tujuannya untuk menciptakan chemistry, membangun kepercayaan, serta mengenal kepribadian masing-masing individu. Semakin saling mengenal, semakin tercipta sebuah ikatan yang erat antara mereka.
Ciptakan suasana keterbukaan dan bangun komunikasi yang efektif. 
Kesalahpahaman sering menjadi penyebab ketidakkompakan sebuah komunitas. Keluhan, ketidakpuasan, serta ide-ide yang tidak tersampaikan merupakan bom waktu yang setiap saat bisa meruntuhkan sebuah komunitas. Maka, buatlah kesepakatan dengan warga untuk selalu membicarakan masalah apapun. Sediakan diri Anda untuk menjadi penengah dan pendengar saat mereka membutuhkan Anda sebagai teman ‘curhat’. Be approachable, sebab terkadang warga merasa segan bercerita pada Anda dan memilih pemimpin komunitas  lain yang lebih simpatik untuk menumpahkan keluh kesah.
Buatlah peraturan bersama yang mengikat semua warga. 
Untuk meminimalisir gesekan, buatlah kesepakatan tidak tertulis untuk selalu menjaga konduktivitas kerja warga. Misalnya, jika ada warga yang saling berselisih harus langsung diselesaikan secara internal, dilarang saling membicarakan di belakang, atau dilarang bercerita masalah internal. Peraturan ini penting agar masing-masing warga berkomitmen dan bertanggung jawab dalam menjaga keutuhan komunitasnya.
Lakukan aktivitas yang dapat memotivasi dan meningkatkan kerjasama. 
Salah satu caranya adalah melakukan outbond/outing yang bertujuan untuk melatih kekompakan. Hal ini merupakan stimulus yang bagus, sebab dalam game tersebut terdapat latihan problem solving, kepercayaan, kekompakan, kemandirian, dan tanggung jawab yang sangat berguna untuk diterapkan dalam dunia kerja.
Beberapa tips diatas adalah bagaimana cara untuk menjaga kekompakan warga agar tetap terjaga kebersamaannya.


Sekretariat RT 003 RW 09

Jl. Gurame No. 50 Rt. 003 Rw. 09 Rawabambu II
Kelurahan : Pasar Minggu
Kecamatan : Pasar Minggu
Jakarta Selatan 12520

Email : rt03rw09pasarminggu@yahoo.co.id