post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Kartu Jakarta Sehat (KJS)



Informasi Kartu Jakarta Sehat


Daftar Rumah Sakit untuk Kartu Jakarta Sehat

Berikut adalah daftar rumah sakit di seluruh Jakarta maupun di sekitar Jakarta yang menerima rujukan Kartu Jakarta Sehat:

Jakarta Selatan: RS Fatmawati, RS Marinir Cilandak, RS Pusat Pertamina, RS Jakarta, RS Agung, RS Setia Mitra, RS Zahirah, RS dr Suyoto, RS Bhayangkara Selapa Polri, RSIA Budi Jaya, Jakarta Medical Center II, Klinik Hermodialisa Cipta Husada, Jakarta Kidney Center.

Jakarta Timur: RS Persahabatan, RS Kesdam Jaya Cijantung, RS Polri Sukanto, RS Pusdikkes, RSPAU Antariksa, RSUD Pasar Rebo, RSUD Budi Asih, RS Haji, RS Harapan Bunda, RS UKI Cawang, RS Harum, RS Islam Jakarta Timur, RS Harapan Jayakarta, RS Kartika Pulomas, RS Mediros, RS Rawamangun, RS Bunga Rampai, RSKO Cibubur, RS Duren Sawit, Yayasan Ginjal Diatrans, RSIA Hermina Jatinegara, RSIA Bunda Aliyah, RSIA Resti Mulia.

Jakarta Pusat: RS Cipto Mangunkusumo, RSAL Mintoharjo, RSPAD Gatot Subroto, RS Moh. Ridwan Meureksa, RSUD Tarakan, RS Pertamina Jaya, RS Kramat 128, RS MH Thamrin, RS Saint Carolus, RS PGI Cikini, RS Islam Jakarta, RS Husada, RS Menteng Mitra Afia, RSB Budi Kemuliaan, Klinik Hemodialisa Tidore.

Jakarta Utara: RSUD Koja, RS Pelabuhan Jakarta, RS Atmajaya, RS Satya Negara, RS Sukmul Sisma Medika, RS Islam Jakarta Utara, RS Port Medical Center, RSPI Prof. Sulianti Saroso, RSIA Hermina Podomoro, RS Mulia Sari, Klinik Hemodialisa Lions.

Jakarta Barat: RS Pelni, RS Puri Mandiri Kedoya, RS Sumber Waras, RS Bakti Mulia, RS Patria IKKT, RS Medika Permata Hijau, RSUD Cengkareng, RSKB Cinta Kasih Tzu Chi, RSJ Jakarta, RS Kanker Dharmais, RSAB Harapan Kita, RS Jantung Harapan Kita.

Luar Jakarta: RSU Tangerang, RSJ Bogor, RS Kusta Sitanala Tangerang.

Semua Puskesmas di Jakarta, Gratis!

Mulai tanggal 10 November 2012, semua puskesmas di jakarta  (340 puskesmas) sudah gratis.

Cara Mendapatkan Kartu Sehat Jakarta

Jika Anda belum mendapatkan Kartu Sehat Jakarta dari RT atau RW setempat, cukup datang ke puskesmas terdekat dan tunjukkan KTP serta KK domisili Jakarta, maka Kartu Sehat Jakarta Anda akan segera diurus.  Kartu ini juga menjadi lebih praktis karena warga tidak perlu lagi membuat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) untuk berobat gratis.
Bagaimana dengan anak-anak yang usianya dibawah 17 tahun, belum cukup umur untuk memiliki KTP?
Cukup dengan KK, maka satu keluarga bisa mendaftar melalui puskesmas dan akan dibagikan kartunya setelah selesai dicetak.
Bagaimana jika Anda adalah warga pendatang, belum memiliki KTP Jakarta?
Untuk warga pendatang yang belum memiliki KTP (Jakarta), bisa menyerahkan dengan bukti domisili. Misalnya, ada surat keterangan dari warga di tempatnya tinggal,” ujar Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Tentu dengan catatan memenuhi sejumlah persyaratan yang telah ditentukan.

Cara Pemakaian Kartu Sehat Jakarta

Cukup datang ke Puskesmas atau Rumah Sakit yang dirujuk dan tunjukkan Kartu Sehat Jakarta, maka Anda akan mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan. Kartu Sehat Jakarta akan di gesek seperti kartu kredit, dan semua data penyakit maupun biayanya akan tercatat otomatis dan terintegrasi secara online. Tidak ada batasan jenis penyakit yang dilayani.

Bagaimana Bila Anda Dimintai Biaya?

“Nanti dibawa ke puskesmas atau ke rumah sakit mana aja enggak dipungut biaya. Ada 88 rumah sakit, nanti kalau dipungut biaya, kasih tahu saya,”
- Joko Widodo

Kalau pelayanannya tidak baik?

“Bapak, Ibu, kalau bawa kartu ini ke puskesmas berobat, kalau sakitnya lebih parah lagi, dibawa ke rumah sakit. Ini juga bisa untuk di rumah sakit. Kalau tidak dilayani dengan baik, sampaikan, bilang, nanti tak laporin Gubernur..
- Joko Widodo

Update:
Informasi KJS dari dinas kesehatan DKI Jakarta. – http://www.jakarta.go.id/web/news/2012/11/peserta-kartu-jakarta-sehat


Sekretariat RT 003 RW 09

Jl. Gurame No. 50 Rt. 003 Rw. 09 Rawabambu II
Kelurahan : Pasar Minggu
Kecamatan : Pasar Minggu
Jakarta Selatan 12520

Email : rt03rw09pasarminggu@yahoo.co.id